Thursday, April 30, 2009

Ilmu Komputer UPI di tahun 2020???????????

Dalam rangka ngeblog bareng teman- teman yang ada di Group “Blog untuk Ilkom” yang temanya tentang keadaan ilkom di tahun 2020, maka akan saya coba menerawang jauh ketahun 2020 agar bisa melihat keadaan ilkom pada saat itu, sehingga bisa saya tuliskan di sini.(kayak mbah dukun aja..)

2020??? Masih terlalu jauh untuk membayangkan bagaimana keadaan ilkom di 2020…tapi setelah saya prediksi secara kasar, dan dapat masukan dari beberapa teman di ilkom, ada beberapa point yang patut di garis bawahi tentang keadaan ilkom di 2020 :

1. 1. Ilkom akan punya Gedung yang bagus dan besar

Amin….ini salah satu doa kita semua, untuk ilkom. Mudah – mudahan saja bisa jadi kenyataan. Kenapa aku memprediksikan seperti ini, karena dari sekarang kita bisa melihat ada rencana dalam waktu dekat gedung ilmu computer atau yang akrab kita sebut GI atau GICO akan di perbaharui. Itu salah satu tanda kalau ditahun 2020 gedung ilkom yang sekarang akan berubah menjadi sebuah gedung yang megah dimana gedung nya sudah layak untuk tempat perkuliahan sebuah jurusan ilmu computer. Yang didalamny dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, seperti laboratorium yang memadai dan hotspotan disekitar kampus.

2. 2. Prodi Ilkom dan Pendilkom akan menjadi Sebuah Jurusan

Yah akan menjadi sebuah jurusan seperti yang kita idam- idamkan. Karena selama ini kita belum menjadi jurusan karena belum mengeluarkan luusan. Dan sekarang di tahun 2009, sudah ada 5 orang lulusan pertama dari ilkom dan pasti akan banyak yang menyusul setelah itu, jalan menuju jurusan ilkom itu sedikit – demi sedikit sudah terbuka. Dan tidak mustahil di tahun 2020 ilkom akan menjadi sebuah jurusan yang sudah kokoh. Dan bahkan mungkin sebuah Fakultas FIKOM (hehe…he), sehingga kita tidak masuk dalam Fakultas MIPA lagi.

3. 3. Sudah banyak mempunyai lulusan yang akan mengharumkan nama ilkom di dunia kerja.

Yah, di tahun 2020 pasti sudah banyak lulusan baik dari ilkom maupun pendilkomn yang membawa nama Ilkom UPI dalam kancah dunia kerja. Baik itu diperusahaan – perusahaan, instansi pemerintah dan didunia pendidikan.

Akan lahir programmer – programmer, project manager, system analis, DBA, Desaigner guru– guru atau bahkan dosen dari ilkom dan pendilkom yang tidak kalah dengan lulusan ITB dan UI.

Karena saya yakin, SDM yang ada di ILKOM adalah berkualitas tinggi, pekerja keras dan pantang menyerah (lebay…). Bukan bermaksud melebih – lebihkan tapi memang itulah kenyataannya. Karena Jurusan Ilmu Komputer dan Pendilkom adalah jurusan yang paling banyak diminati di UPI. Itu berarti orang – orang yang terbaiklah yang bisa masuk.

4. 4. Akan memberikan kontribusi yang besar terhadap dunia pendidikan di Indonesia

Saya menulis ini, berdasarkan rencana jangka panjang dari Ka. Prodi Ilmu Komputer yaitu Bapak Yudi wibisono yang sempat memaparkan disela – sela perkuliahan system basisdata. Beliau menyebutkan berencana mengembangkan BSE (Buku Sekolah Elektronik) dalam bentuk Multimedia. Sehingga murid – murid SMA dan SMP akan lebih mengerti pelajaran dengan langsung melihat dan mendengar. Dan akan harganya akan disesuaikan dengan kantong siswa. Karena selama ini, baru sedikit yang mengembangkannya dan dengan harga yang sangat mahal.

Selain itu Pak Yudi begitu kami bisa memanggilnya, juga menyampaikan berencana setiap kelas punya semacam kamera yang bisa merekam proses belajar mengajar, Ini sangat dibutuhkan untuk mahasiswa pendidikan, sehingga setiap mahasiswa yang sedang berlatih mengajar bisa melihat langsung dirinya yang lagi mengajar. Dan Video ini, juga bisa di upload ke Youtube agar bisa dimanfaatkan dunia pendidikan.

Dan banyak lagi rencana – rencana brilian yang beliau paparkan, yang pada intinya bagaimana jurusan ini bisa memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan. Saya yakin semua itu bisa menjadi kenyataan, dan mungkin di tahun 2020.

Mungkin itu beberapa point yang akan terjadi di ILKOM yang saya tangkap dari hasil menerawang ke tahun 2020. Mudah – mudahan semuanya bisa jadi kenyataan, dan akan lebih baik dari prediksi saya karena harapan itu masih ada.

Mari semangat untuk membangun ILKOM yang lebih baik salah satu caranya adalah dengan belajar yang rajin sehingga bisa mengharumkan nama ILKOM….




9 comments:

pertanahan said...

hebattt!!!
amiiinnn...
moga dpt terwujudd,yaa... ^_^

btw,SDM berkualitas tinggi, pekerja keras dan pantang menyerah......apakah itu saja sdh ckup???

Isil said...

@pertanahan : ya amin..Mksh doa nya

jelas itu saja tidak cukup,tp lumayan bwt modal awal..

Isil said...

Ralat pak yudi bukan ka.Prodi ilmu komputer tp ka.Prodi pendidikan ilmu komputer..Maaf pak

Iradewa said...

Kalo menurut saya ilkom di 2020 itu harus menjadi fakultas, bkan jurusan lagi. Dengan program studi dan program keahlian yg sudah jelas dan jelas.
Tentunya dilengkapi dg fasilitas gedung yg layak untk mahasiswa komputer, setidanya dilengkapi FO

Isil said...

@iradewa :
mhm..Jd fakultas y de??Amin..Mdh2n aja bsa..Jurusn itu mah minimalnya..

Anonymous said...

sudah memiliki gedung tang high tech dan mungkin benar iradewa sudah menjadi fakultas bayangkan nama nya FASILKOM-UPI.... keren!!!

sudah banyak ngelulusin mahasiswa dan mahasiswa tersebut ngelanjutin S2 dan menjadi pakar-pakar TI dan Pendidikan TI....

Mari kita wujudkan semua ituh!!

Isil said...

@galuh29

Mhmm...bener juga kang,mungkin sudah menjadi fakultas...
Amin...

FASILKOM????? atau FIKOM???

tapi terserah aja yang penting jadi fakultas...

Hayo mari kita wujudkan...

Anonymous said...

Hidup pak Yudi...
Bagus isil n_n

Isil said...

@4ziz4h :
Hidup pak Yudi...

Mudah - mudahan ide - ide pak Yudi itu bisa terwujud ya teh...

Post a Comment