Thursday, August 13, 2009

Selalu Saja Ada Cara Yang Indah Diberikan Allah Untuk Menegur HambaNya..

Itu yang kualami beberapa hari belakangan. Allah mendekatkanku dengan orang – orang yang punya masalah yang sama dengan ku, agar aku bisa belajar dan sadar akan kesalahanku dalam menyikapi suatu masalah.

Mungkin sebelumnya aku terlalu merasa benar dengan apa yang kulakukan, mungkin aku sudah merasa berbuat yang terbaik, tanpa ada instrospeksi lebih dalam pada diriku. Hingga di hari itu, Allah mendatangkan seorang teman yang ingin curhat padaku. Padahal sebelumnya kami tidak terlalau dekat, kami hanya kenal sebatas teman tidak lebih dari itu.

Singkat cerita teman itu curhat mengenai masalah yang ia alami, yang kebetulan hampir mirip dengan masalah yang kualami. Tapi yang membuat ku kagum, cara ia menyikapi masalahnya yang membuat ku berfikir ulang tentang sikap ku dalam menyikapi masalah ku...

Tidak hanya melalui teman yang mampu membuat ku berfikir panjang tentang masalah ku itu,masih ada beberapa cara yang indah yang Allah berikan pada ku. Ketika membaca alquran setelah shalat maghrib, kusempatkan membaca terjemahannya dan tanpa disengaja ayat yang sedang ku baca itu, adalah solusi – solusi dari semua permasalahan ku selama ini. Seolah – olah Allah menasehati ku langsung dari ayat –ayatnya. Dengan ayat itu semakin membuat ku menyadari bahwa ada sesuatu yang salah pada diriku dalam menyikapi masalah.

Dan Allah menyimpulkan semuanya dengan tema bincang malam di radio mq yang pas banget dengan masalahku pada malam harinya. Dan akhirnya aku menyadari, ternyata aku tidak ikhlas degan semuanya, karena dengan masalah itu tidak membuatku menjadi lebih baik, malah semakin rendah di hadapan Allah. Ternyata jarak antara ikhlas dan tidak ikhlas itu tipis banget, susah untuk menyadari kalau kita sedang tidak ikhlas.

Yah, selalu saja ada cara yang indah dikirimkan Allah untuk menegur hambaNya. Alhamdulillah, terimakasih ya Allah. Engkau masih memberiku kesempatan untuk introspeksi diri. Engkau mengirimkan cara – cara terindah untuk menasehatiku. Tuntun aku ya Allah agar aku tidak salah jalan. Amin…



No comments:

Post a Comment