Thursday, July 31, 2008

9 SumbEr DoSa

Rasulullah pernah bersabda bahwa sumber dosa itu ada 3 yaitu:
Takabur, dengki dan tamak
Dari ketiga itu lahir 6 sumber dosa lainnya:
Makan terlalu kenyang, terlalu banyak tidur, senang berleha-leha,cinta harta benda, senang dipuji dan disanjung dan gila harta.

Semoga kita tidak termasuk kedalam orang yang senang melakukan kesembilan hal diatas itu. Amin…Ketika menulis ini saya sedang mendengarkan radio MQ FM yang hampir sebulan lebih tidak siaran karena pindah tempat. Setelah mendengar 9 sumber dosa diatas membuat saya sedikit tersinggung karena hampir dari kesembilan hal tersebut sering menjangkit saya. Saya ingin sedikit berbagi pengalaman yang mungkin bisa jadi pembelajaran buat kita bersama untuk bisa menjadi lebih baik. Amin.. Saya hanya akan mengambil 3 dari sembilan sumber dosa untuk berbagi pada pembaca yaitu mengenai takabur, terlalu banyak tidur dan gemar berleha-leha.
Pertama kita bahas mengenai Takabur, penyakit hati yang satu itu merasuk kedalam hati manusia secara tiba-tiba dan bahkan yang diserangnya tidak sadar kalau ia sedang terjangkit. Saya juga sering digerogoti oleh penyakit yang satu ini, ketika saya mendapat kemudahan sering timbul di hati ini rasa yang orang bilang bangga, merasa hebat dan merasa orang lain tidak ada apa- apa nya di banding saya. Timbul lah takabur dan tidak jarang hidup saya pun tidak nyaman dengan semua itu, tapi sayangnya saya tidak sadar kalau kemudahan dan nikmat yang Allah berikan itu adalah sebagian dari cobaan. Hakikatnya cobaan tidak hanya berupa kesusahan dan kepahitan hidup tapi kemudahan yang datang pun merupakan ujian dari Allah. Ironisnya Saya baru menyadarinya ketika Allah menguji saya dengan kesulitan hidup, begitulah manusai..ketika senang ia tidak pernah sadar dengan dosa yang ia lakukan dan ketika di beri ujian baru mohon ampun dan bertaubat pada Allah. Astagfirullah ya Allah ampuni hambaMu yang lemah ini. Yang tidak bisa menjaga hati nya dari penyakit hati yang berbahaya itu.
Dua hal lagi yang akan saya ceritaka adalah mengenai terlalu banyak tidur dan berleha – leha. Dua hal tersebut mempunyai hubungan yang sangat erat sekali yaitu sama-sama menghabiskan waktu untuk hal yang tidak bermanfaat. Soal waktu, Allah telah banyak mengingatkan kita dalam Al-Quran. Salah satu nya dalam surat al-ashr ayat 1-3. Karena waktu merupakan modal utama kita didunia ini, dengan nikmat waktu itu orang bisa merubah peradaban, bisa menghasilkan prestasi yang gilang gemilang, bisa memimpin negeri ini dan melakukan amal untuk bekal di akhirat kelak. Tapi tidak jarang manusia hancur dan gagal karena waktu yang diberikan padanya. Semua terjadi karena tidak bisa nya kita memanfaatkan waktu yang telah diberikan kepada kita dengan sebaik – baiknya. Saya juga termasuk orang yang terkadang membuang-buang waktu dengan berleha-leha dan terlalu banyak tidur. Astagfirullahhaladzim..mudah – mudahan saya bisa menfaatkan waktu lebih baik lagi. Amin….
Saya sudah begitu banyak membaca buku dan mendengarkan tausiah mengenai waktu. Ketika selesai membaca buku dan mendengar tausiah itu, saya bertekad untuk bisa menjadi lebih baik lagi dalam mengatur waktu, tidak jarang saya bikin jadwal kegiatan untuk aktifitas saya per harinya. Sehari dua hari hal itu berjalan dengan lancar, saya masih bisa mengontrol tapi hari ketiga mulai ada beberapa kegiatan yang tidak terlaksana dan seterusnya sampai saya malas menulis jadwal kegiatan. Sehingga berefek kepada keimanan saya yang semakin menurun. Apalagi ketika saya punya waktu luang, ditambah lagi dengan malasnya buat jadwal kegiatan, hal itu sangat berpeluang untuk saya menyia-nyia kan waktu.Jika sudah seperti itu saya lebih sering menghabiskan waktu luang saya dengan tidur dan berleha – leha seperti nonton tv. Tv merupakan virus yang sangat berbahaya bagi saya karena dia bisa membuat saya menghabiskan waktu sampai berjam-jam hanya untuk menyaksikan siaran yang tidak ada manfaat nya sedikitpun. Naudzubillahhiminzalik….
Mudah – mudahan saya tidak mengulang hal itu lagi di kemudian hari, mohon doa nya juga dari semua mudah – mudahan saya dan juga anda bisa lebih bijak lagi terhadap waktu yang telah dikaruniakan kepada kita. Karena seperti kata pepatah bahwa waktu itu adalah pedang kalau kita lengah dia akan melukai kita tapi kalau kita bisa memanfaatka nya dia bisa jadi senjata kita untuk melindungi diri dari musuh.

Mari sejenak kita merenung, berfikir, dan menghayati mengenai umur kita selama ini,
Apa yang telah kita perbuat denganya?
Karya apa yang telah kita hasilkan?
Amal apa saja yang sudah kita kerjakan selama hidup ini?
Apakah kita merasa amal yang kita perbuat selama ini sudah cukup untuk menghantarkan kita ke syurgaNya?

Silahkan kita menjawab nya dalam hati – hati masing, saya yakin kita semua tahu jawabannya dan bisa mengukur nya..

Semoga kita bisa menjadi orang – orang yan lebih baik dari hari ke hari dengan terus bersemangat untuk mencari ilmu tanpa bosan dan jenuh sedikit pun. Sehingga kita bisa melakukan perubahan terhadap kekurangan kita selama ini. Amin…..Ya Allah

No comments:

Post a Comment