Friday, November 28, 2008

Guru yang menginspirasi ku

Alhamdulillah akhirnya saya bisa melewati ujian basisdata yang selama ini saya takutkan. Baru pada mata kuliah ini saya bisa merasakan nikmatnya kuliah dan ketagihan menjawab soal . Hal itu karena dosen nya yang bisa menginspirasi saya, dengan pengalaman – pengalaman yang sering beliau ceritakan dikelas saya bisa mengambil pelajaran. Selain itu system yang beliau terapkan dalam perkuliahan sangat bagus dan menurut saya tidak akan menzhalimi siapa pun. Beliau sangat anti dengan yang namanya kerjasama dalam ujian, jika ada yang kedapatan melakukan kecurangan, nilai siswa tersebut langsung E, tidak ada toleransi sediktipun. Yudi Wibisono, itulah nama dosen yang mampu menginspirasi saya. Pak Yudi begitu kami biasa memanggilnya merupakan sosok dosen yang memang benar – benar dosen. Sosok dosen yang realistis dan objektif dalam pemberian nilai. Kedisiplinan yang tidak mengekang yang ia terapkan kepada mahasiswanya merupakan salah satu pendorong saya mengikuti kuliah ini.

Kuliah ini mengingatkan saya akan mata pelajaran kimia yang saya jalani ketika duduk dibangku SMA, saya merasa kembali ke zaman SMA dimana saat –saat semangat belajar KIMIA. Saya menemukan semangat yang sama setiap kali berhadapan dengan mata kuliah yang satu ini. Hal itu pun didukung oleh guru kimia ketika di SMA yang bisa menumbuhkan motivasi belajar saya khusunya pada pelajaran KIMIA. Sosok guru yang disiplin dan sungguh - sungguh dalam menjalankan tugas, tidak pernah meremehkan hal sekecil apapun. Beliau bisa membuat hampir semua murid yang ia ajar selalu mengulang pelajaran dan mengerjakan soal- soal yang ada dibuku tanpa ada perintah untuk mengerjakannya. Atriyanti seorang guru muda yang mampu menginspirasi saya untuk belajar lebih giat lagi. Ya.. Ibu Atri, saya masih ingat wajah serius beliau ketika menerangkan pelajaran dikelas dimana tak seorang pun dari kami yang berani berbicara ketika beliau menerangkan. Dan masih lekat diingatan saya, candaan – candaan yang ia lontarkan ketika kami mulai tegang menghadapi pelajaran. Mudah – mudahan beliau bisa menjadi guru yang benar – benar tulus dan ikhlas dalam mengajar setiap murid-muridnya dan bisa menginspirasi dan memotivasi siswa – siswanya yang lain. Amin…

Itu dua orang guru yang mampu memotivasi saya dalam belajar, dan jika nanti saya jadi seorang guru saya berharap bisa seperti mereka yang mampu menginspirasi siswa – siswanya dengan system dan komitmen yang mereka terapkan dalam mengajar.

Dan saya berharap dalam mata kuliah Basisdata ini saya mampu memelihara semangat itu, semangat untuk terus berjuang dan bergerak ke arah yang lebih baik. Tidak hanya dalam mata kuliah basisdata saja, tapi dalam setiap mata kuliah yang sedang dan akan saya jalani.

5 comments:

Anonymous said...

Assalamualaikum...cun...
wuih...hebatnya...pak yudi bisa jadi dosen inspirasi icun...

kemaren malem juga ucy..sharing tetang cara ngajar pak yudi ma anak2 kostan...

bangga juga sich..punya dosen kayak pak yudi...

ucy suka pelajaran basis data...
waktu jumat kemaren UTS TIKUM..nya...ucy bisa ngerjain sendiri...tanpa [erlu tanya2 keorang...cun...
hihihi...keyen kan cun...

pak yudi emang hebat....

tapi... belum bisa ngalahin.. USTad. Firdausnya..ucy..
hhihihi...

semangat ya cun...nulis blognya...
ucy juga ntar mo nyoba...
tapi, nanti DI SAAT YG TEPAT..

G.A.N.B.A.T.E C.U.N.Y.H.A.N.G

Isil said...

#Ucy
Makasih cy..
bner khn..ternyata pak yudi juga bisa menginspirasi ucy y..
Cin yakin msh bnyak tmn2 lain merasakn hal yg sama, poknya pak yudi Keren deh..


Semangat jg ya cy, mdh2n blognya bisa bermanfaat ..
jgn bosen nongkrongin blog cin ya..he..he

Anonymous said...

setuju sekali. dulu juga saya seperti itu, dan sampai sekarang juga masih.

Dosen/guru memang jangan hanya menyampaikan materi kuliah... harus ada humor dan sharing pengalaman.

menurut saya pengajar seperti itulah yg diperlukan kita. Kita ? indonesia kalee.

heheheh...

Isil said...

@kang eka : Maaf telah balesnya kang...
Mhm...ternyata kang eka juga merasakan hal yang sama, dan kayaknya memang kebanyakan mahasiswa yang pernah ngontrak Pak Yudi..merasakan hal yang sama...


bener banget....tepatnya Indonesia..

Unknown said...

Bermanfaat sekali tulisannya.. sangat membantu.. terima kasih
cara menjadi dosen
dosen yang menginspirasi
jual sepatu safety surabaya
tempat pembuatan website di medan

Post a Comment