Thursday, November 5, 2009

TIK Vs Pendidikan Ilmu Komputer UPI?

Satu tema, yang lagi hangat - hangat nya dikalangan mahasiswa Ilmu Komputer, khususnya Pendidikan Ilmu Komputer UPI. Yah, mengenai isu akan dibentuknya prodi baru di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UPI, yaitu prodi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Info ini baru saya ketahui, dari facebook Ka.Prodi Pendidikan Ilmu Komputer yaitu Bapak Yudi Wibisono, kira - kira 3 hari yang lalu (3/11/09).

Dapet info dari angkatan 2005, sebenarnya isu tersebut sudah ada dari tahun - tahun sebelumnya, tapi syukur hanya menjadi sebuah isu untuk penyemangat bagi mahasiswa Pendidikan Ilmu Komputer agar menjadi lebih baik, dan kemudian hilang begitu saja.

Sempat membuat mahasiswa pendidikan ilmu komputer kebakaran jenggot juga, karena kalau Prodi TIK sampai ada, maka akan ada kesamaan dari segi kurikulum dan sasaran keluarannya yaitu Guru TIK. Pendidikan Ilmu Komputer adalah Prodi Pertama di seluruh universitas di Indonesia yang bertujuan mencetak Guru TIK. Walaupun setelah itu ada Univesitas Pendidikan lain yang membuat prodi sejenis. Sebenarnya sarjana Komputer dan Informatika sudah banyak, tapi yang punya akta mengajar belum ada. Dan Pendidikan Ilmu Komputer UPI lah salah satu solusinya.

Permasalahannya, lahan yang akan dituju oleh masing- masing alumni prodi tersebut sama dan berasal dari Universitas yang sama dengan jurusan yang berbeda. Hal ini akan menimbulkan kebingungan pada pihak penerima kerja khusunya sekolah. Dan dampak negatif lainnya adalah, akan timbul citra buruk terhadap UPI yang notabene salah satu Universitas Pendidikan yang patut diperhitungkan keluarannya.

Harapan saya sebagai salah mahasiswa Pendidikan Ilmu Komputer, mudah - mudahan isu itu hanya sekedar penyemangat, dan pembangkit motivasi Keluaran Pendidikan Ilmu Komputer yang pada tanggal 15 Desember 2009 ini akan mengadakan wisuda.

6 comments:

Anonymous said...

Setuju sekali... saatnya kita mengenalkan pendilkom ke "Dunia Luar".

Ga ngerti siSayah mah apa tujuan UPi kalau benar akan diadakannya (lagi) jurusan untuk guru TIK???

Isil said...

@tupaitambun :
selamat datang..makasih dah berkunjung..

Yah, saatnya kita mengenalkan pendilkom ke "dunia luar"

Salam kenal..

azul said...

jangan lupa UPI bukan lagi IKIP, ada prodi nonkependidikan.

kalau UPI mengaku sebagai universitas, semua prodi harus diangkat.

Isil said...

@azul :yups..teh..
semuanya harus di angkat..tapi sekarang pendidikan ilmu komputer lagi butuh itu..makanya bikin pendidikan ilmu komputer..

Laskar Pasundan said...

ass. teteh
saya baru keterima di upi khususnya p.ilmu komputer dan saya sangat bingung apa yang harus d kerjakan d sana dan seperti apa belajar d sana mohon bimbinganya,

pesan khusus saya suka bolos dan sangat suka itu waktu d sma hehe jadi baiknya bagaimana ketika d upi

Isil said...

@laskar pasundan :
waalaikumsalam
salam kenal ya...
selamat di Pendidikan Ilmu Komputer..

lolos jalur UM ya?

Post a Comment