Monday, 5 April 2010

Review Kuliah Senin, 5 April 2010 : Kapita Selekta & Teknik Multimedia

Kapita Selekta .

Hari ini kuliah kapita selekta adalah presentasi dari kelompok 2, mengenai hasil observasi yang mereka lakukan ke SMK Multimedia 8 Pasundan dan presentasi kelompok 3 ke SMK TI Daarut Tauhid.

2 Kelompok ini membahas mengenai naskah akademik dari masing – masing SMK dan membuat analisis dan rekomendasi. Saya akan mereview sedikit presentasi kelompok 2 mengenai SMKM 8 Pasundan.

SMK 8 Pasundan adalah SMK jurusan multimedia, yang di awal berasal dari jurusan administrasi perkantoran. Tapi seiring berkembangnya teknologi, SMK ini beralih menjadi jurusan multimedia. Dari sarana prasarana, sekolah ini memiliki 2 laboratorium multimedia dimana masing – masing berisikan 16 unit computer. Siswanya sendiri lebih kurang 30 orang.

Dari penjelasan kelompok 2, bahwa masih banyak kebingungan dan ketidakpahaman baik dari pihak sekolah dan guru dalam mengembangkan kurikulum KTSP. Oleh karena itu, kelompok tersebut menawarkan 3 rekomendasi yang bisa dilakukan dalam pengembangan kurikulum, yaitu mengadakan pelatihan , sosialisasi  (satu lagi saya lupa) mengenai pengembangan kurikulum.

Setelah pemaparan, timbul banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh kelompok pembaha dan terakhir disimpulkan oleh pak Wawan Setiawan dosen Kapita selekta , beberapa point yang seharusnya ada dalam presentasi tersebut :

  1. Kejelasan naskah akademik SMK
  2. Dinamika Perkembangan teknologi
  3. Standar pengajar SMK Multimedia
  4. Standar sarana & prasarana
  5. Output SMK Multimedia.

Kuliah hari ini dilanjutkan dengan presentasi kelompok selanjutnya, mengenai SMK TI Daarut Tauhid yang baru satu tahun itu di dirikan.  Kelompok 3 yang dalam presentasinya di moderatori oleh Gina Rahayu dengan penuh semangat, awalnya mendapat perhatian yang lebih dari peserta kuliah.

Kelompok ini menjelaskan mengenai rancangan naskah akademik yang kelompok mereka buat untuk SMK TI Daarut Tauhid. Selain itu juga ada analisis dan rekomendasi. Karena waktu yang kepepet dan mendekati jam makan siang, jadi semakin lama antusias peserta kuliah semakin turun, dan konsentrasipun terpecah, begitu juga dengan saya sehingga tidak terlalu menangkap isi presentasi mereka.

Teknik Multimedia

Di perkuliahan teknik multimedia kali ini, saya telat masuk dan ketinggalan ujian perbaikan yang diadakan secara dadakan oleh Kang Fadhil. Yah, akhirnya rugi  beberapa point penambahan nilai uts. Sebuah pelajaran, yang sangat berharga agar saya bisa lebih menghargai waktu, walaupun hanya beberapa menit tapi berpengaruh besar pada nilai UTS.

Setelah ujian dadakan itu, ada sedikit pembahasan mengenai jawab soal uts minggu kemaren. Wah..dan ternyata lumayan banyak yang salah juga…termasuk chart yang nilainya lumayan besar. Dari soal membuat chart itu, ada pelajaran juga yang bisa petik yaitu multimedia dibuat harus berbasis kebutuhan, kita tidak bisa berijtihad sendiri dan membuatnya sesuai persepsi kita sendiri. Dan pelajaran lainnya adalah kita harus belajar mendengarkan. Karena inilah yang biasanya sangat sulit dilakukan, karena kebanyakan orang hanya ingin di dengarkan, tapi susah untuk mendengarkan.

Kali ini, kami dapat tugas Paper II, setelah sebelumnya ada tugas Paper I yang ternyata nilainya ga dimasukkan ke buku nilai karena banyak yang salah. Dan tugas kali ini harus lebih sempurna. Ada beberapa catatan yang di tekankan oleh Kang Fadhil, bahwa dalam paper kali ini jangan terlalu banyak menjelaskan dengan teory. Yang harus dilakukan adalah eksplorasi ilmu bukan merangkum. Jelaskan teori dari fitu apa saja yang akan di ambil.


 




2 comments:

ikhfa said...

wah, udah lama ga ikutan diskusi ilmiah kayak diatas.. :)

Isil said...

hehe...
udah berapa lama emangnya kang???

Post a Comment